Kamis, 13-06-2024
  • Selamat datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Saketi - Mewujudkan Peserta Didik yang Religius, Aktif, Mahir, Mandiri, Antusias , dan Harmonis (RAMMAH)
smpn3saketi
all the other usual indications of a perpetual calendar replica watches are surely present: date, day of the week, month and leap year, including the astronomical moon phases replica rolex submariner. the exceptional finish of this 4.31 mm thick movement can be observed through the sapphire case back.

Program Projek Kewirausahaan Kerajinan dari bahan lidi sawit

Diterbitkan : - Kategori : Program Sekolah Penggerak

Program Projek Kewirausahaan Kerajinan dari bahan lidi sawit dengan tema Kewirausahaan

“MERAJUT KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH LIDI SAWIT MENJADI PRODUK YANG BERDAYA GUNA”

PENDAHULUAN
Berwirausaha merupakan sebuah kemandirian yang diperoleh seseorang melalui proses menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Menjadi pilihan untuk bisa mandiri dalam berwirausaha sendiri memiliki tanggung jawab terhadap beberapa pihak, antara lain tanggung jawab terhadap lingkungan, tanggung jawab terhadap pelanggan, tanggung jawab terhadap tenaga kerja, dan tanggung jawab terhadap sosial, sehingga wirausaha juga diharapkan untuk dapat memberikan dampak yang berkesinambungan terhadap pihak-pihak tersebut.

Dengan mengangkat tema Kewirausahaan dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Kerajinan lidi pohon Sawit” ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan sebagai pendidikan awal siswa terhadap proses dan tahapan dalam berwirausaha serta membentuk siswa untuk menjadi wirausaha yang peduli dan bertanggung jawab.

Penentuan program ini didasari dari hasil eksplorasi sumber daya lingkungan sekitar dengan melimpahnya sumber daya alam limbah lidi pohon sawit di sekitar SMP Negeri 3 Saketi yang berada di lingkungan perkebunan sawit milik PTPN dan juga milik Individu, sehingga perlu adanya pemanfaatan limbah/bekas pelepah pohon sawit yang terbuang dengan percuma, sehingga limbah tersebut bisa bermanfaat bagi penduduk sekitar dan mempunyai nilai ekonomis untuk dijadikan sumber penghasilan. Selain itu juga dengan projek ini diharapkan siswa SMPN 3 Saketi mempunyai jiwa wirausaha yang tangguh sehingga ketika mereka kelak dewasa, mereka mempunyai keterampilan dan mindset yang kreatif, mandiri, gotong royong dan mampu menciptakan peluang usaha.

Tahapan dalam projek pembuatan piring lidi pohon sawit ini cukup sederhana sekali dan tidak membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap dan mahal, sehingga projek ini sangat mungkin sekali kami kembangkan untuk menjadi projek unggulan dari SMPN 3 Saketi selain projek lainnya yaitu Kearifan Lokal dan Suara Demokrasi.

Harapan kami melalui projek ini, siswa mampu berproses melalui pengalaman belajar untuk mencapai 4 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Bertakwa kepada Tuhan YME, Kebhinekaan Global, Kreatif, Bernalar Kritis dan Mandiri dengan sub elemen dan capaian Kearifan Lokal pada fase D.

Untuk download file Program Kewirausahaan SMPN 3 Saketi klik disini

8 Komentar

mujiarso
Senin, 16 Mei 2022

Hebat…Sekolah Penggerak…. terus Bergerak

Balas
Iman Nurjan
Senin, 16 Mei 2022

Hebat SMPN 3 Saketi, lanjutkan bergerak untuk mutu pendidikan

Balas
Mohamad Yamin
Sabtu, 14 Mei 2022

Mantap pa Aat saya terinspirasi utk menerapkan hal serupa di SMPN 2 Mandalawangi. Melanjutkan yg pernah saya lakukan di SMPN 5 cmg dulu. Pembuatan dan pengolahan tempe.

Balas
Bunda Sari
Sabtu, 14 Mei 2022

keren pak Aat..

Balas
Rian
Sabtu, 14 Mei 2022

Mantabs…👍👍👍

Balas
Aat Jumiat
Senin, 9 Mei 2022

keren pa

Balas
Aat Jumiat
Minggu, 8 Mei 2022

Htr nuhun, keren pa, insyaallah bermanfaat

Balas
Aat Jumiat
Minggu, 8 Mei 2022

Semoga bermanfaat

Balas

Beri Komentar

Balasan