Selasa, 30-05-2023
  • Selamat datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Saketi - Mewujudkan Peserta Didik yang Religius, Aktif, Mahir, Mandiri, Antusias , dan Harmonis (RAMMAH)
smpn3saketi
all the other usual indications of a perpetual calendar replica watches are surely present: date, day of the week, month and leap year, including the astronomical moon phases replica rolex submariner. the exceptional finish of this 4.31 mm thick movement can be observed through the sapphire case back.

Projek Kewirausahaan pemanfaatan limbah lidi sawit menjadi piring yang estetis

Diterbitkan : - Kategori : Program Sekolah Penggerak

Kelapa sawit adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang berkelanjutan karena tidak menyisakan limbah. Selain buahnya dapat diolah menjadi minyak kelapa sawit, hampir semua bagian dari kelapa sawit dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi barang bernilai ekonomi, salah satunya yakni limbah lidi sawit. Untuk membuat limbah lidi sawit ini menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik, dibutuhkan ketekunan dan sentuhan kreativitas serta kesabaran. Memang tidak mudah untuk setiap orang melakukannya apalagi orang awam seperti kita yang tidak menekuni dan tidak terbiasa.

Limbah lidi sawit ini bisa dibuat menjadi aneka bentuk suvenir, seperti piring tempat buah, parcel, mangkok nasi, bahkan lampu-lampu hias yang sangat unik, sehingga tidak hanya monoton dijadikan sebagai bahan untuk membuat sapu lidi saja. Lidi sawit ini dihasilkan dari tulang daun tanaman sawit yang diraut, dibersihkan, kemudian dikeringkan. Dalam proses budidayanya, kelapa sawit harus dipangkas pelepah daunnya secara berkala untuk menjaga sanitasi dan kelembaban di sekitar daerah pertumbuhan buah agar buah/tandan sawit dapat berkembang dengan baik dan tidak busuk.

Proses mengolah kerajinan piring lidi sawit dimulai setelah mendapat bahan baku dari kebun sawit, berupa pelepah yang kemudian dibersihkan dan lalu diserut terlebih dulu menggunakan alat penyerut lidi sederhana . Setelah itu, lidi sawit dapat dianyam menjadi berbagai macam kerajinan, baru kemudian divernis untuk mengubah warnanya dan membuat anyaman menjadi lebih awet dan mengkilat, yang kemudian dapat dipasarkan. Untuk menghasilkan sebuah piring cantik yang berawal dari lidi yang telah diserut,

SMP Negeri 3 saketi Pandeglang merupakan salah satu sekolah penggerak dari sepuluh sekolah penggerak yang ada di kabupaten Pandeglang. Sebagai sekolah penggerak kami turut mendukung pengembangan karakter sesuai dengan Prfil Pelajar Pancasila, melalui pembelajaran proyek kewirausahaan. Mengingat Karakteristik Kurikulum sekolah penggerak adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Dalam implementasi Kurikulum sekolah penggerak diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah.

Pembelajaran berbasis proyek dianggap penting untuk pengembangan karakter siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman (experiental learning). “Mereka mengalami sendiri bagaimana bertoleransi, bekerja sama, saling menjaga, dan lain-lain, juga mengintegrasikan kompetensi esensial dari berbagai disiplin ilmu.

Pembelajaran berbasis projek di sekolah kami dengan cara pemanfatan limbah sawit menjadi piring yang estetis. Mengapa proyek tersebut dilaksanakan di sekolah kami, Alasan pertama mengingat lokasi SMP Negeri 3 Saketi berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit yang begitu luas. Alasan yang kedua asas pemanfaatan limbah lidi sawit yang begitu banyak bisa digunakan aneka bentuk suverner yang menarik salah satunya piring lidi sawit. Alasan yang ketiga agar parasiswa bisa mengimplementasikan di masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan ekonomi ataupun lapangan kerja karena bahan bakunya mudah diperoleh. Oleh karena itu penulis mencoba memanfaatkan lidi kelapa sawit ini menjadi suatu produk kerajinan piring yang memiliki nilai fungsi dan estetis. Selain mudah didapatkan lidi kelapa sawit ini juga memiliki nilai lebih.

Proses pemilihan bahan baku lidi sawit

Projek kewirausahaan 2

Proses Pembuatan/perakitan Piring dari Sawit

Projek kewirausahaan 1

Hasil Pembuatan Piring lidi

Projek kewirausahaan 3

Penulis :

Drs.Suwito, M.Pd.

7 Komentar

Aat Jumiat
Sabtu, 16 Apr 2022

luar biasa pa, sangat menginspirasi, semoga bermanfaat

Balas
Yayah Badriah
Senin, 4 Apr 2022

Luar biasa sekali semoga sukses selalu buat SMPN 3 Saketi mdh2an kedepannya semakin sukses dan lancar

Balas
    Suwito
    Selasa, 5 Apr 2022

    Amin, makasih Bu atas doanya dan motivasinya

    Balas
Komalasari
Senin, 4 Apr 2022

isnpiratif

Balas
    suwito
    Selasa, 5 Apr 2022

    Makasih bu atas motivasinya.

    Balas
didik aribowo
Senin, 4 Apr 2022

alhamdulillah kegiatan kewirausahaan bagi siswa dan sekolah menjadi bagian penting dari sebuah proyek profil pelajar pancasila dalam menginisiasi kreatifitas warga sekolah khususnya bagi siswa sekolah. semoga menginspirasi secara positif bagi warga sekolah dan seluruh sekolah di tanah air. amin yra

Balas
    suwito
    Selasa, 5 Apr 2022

    Amin, Makasih atas motivasinya dan bimbingan dari Bapak sebagai pelatih ahli terlaksananya kegiatan proyek.

    Balas

Beri Komentar

Balasan